I.
FORMAT LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANG
Setelah mahasiswa melaksanakan
Praktek Kerja Lapang, mahasiswa diwajibkan menyusun laporan Praktek Kerja
Lapang dengan format laporan sebagai berikut :
1. Halaman Judul.
Pada halaman ini haruis dicantumkan :
a. JudulPraktek Lapang : ringkas, spesifik, jelas sesuai dengan lingkup
PKL
b. Kalimat : Laporan Praktek Kerja Lapang
c. Nama Penulis
d. Nama Program Studi
e. Nama Fakultas
f.
Nama Universitas
g. Tahun.
(Contoh Halaman Judul :
Lampiran 1)
2.
Lembar Halaman Persetujuan dan Pengesahan
Lembar halaman Persetujuan
ini harus memuat :
a. Judul Praktek Kerja Lapang
b. Nama dan Nomor Pokok Mahasiswa dan Program Studi
c. Kalimat : Telah Disetujui
Untuk Mengikuti Ujian Praktek Kerja Lapang
d. Nama Lengkapda tanda tangan pembimbing ( sebelah Kanan)
e. Nama lengkap dan tanda tangan pimpinan perusahaan dan di stempel perusahaan (
Sebelah Kiri)
f.
Mengetahui
Ketua Program studi (Bagian bawah tengah)
(Contoh Halaman persetujuan :
Lampiran 2)
Lembar halaman Pengesahan
harus memuat :
a. JudulPraktek Lapang
b. Nama dan Nomor Pokok Mahasiswa dan Program Studi
c. Kalimat : Telah Diuji dan Diseminarkan Pada Tanggal ……………… (tanggal ujian / seminar)
d. Nama lengkap dan tanda tangan pembimbing
e. Nama lengkap dan tanda tangan Tim Penguji ( sesuai jumlah penguji )
f.
Nama lengkap dan tanda tangan
Ketua Program Studi
(Contoh halaman pengesahan
: Lampiran 3)
3.
Kata Pengantar
Merupakan ungkapan rasa syukur atas terselesaikannya Laporan Praktek
Kerja Lapang, dan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak terkait atas
terlaksananya Praktek Kerja Lapang. Ucapan terima kasih seyogyanya menggunakan
bahasa baku, objektif dan rasional. Pada bagian bawah sebelah kanan dari teks
kata pengantar, ditulis kata “Penulis”
4.
Daftar Isi
Dalam daftar isi, yang perlu dimuat adalah : Judul Bab, Judul Sub.
Bab, Judul Sub.Sub.Bab (anak Bab) dan disertai nomor halaman tempat
pemuatannya. (Contoh Daftar Isi :
Lampiran 4).
5.
BAB. I. Pendahuluan
Pada bagian ini harus memuat tentang :
a. Latar Belakang
Memuat gambaran umum tentang objek dan lingkup objek Praktek Kerja
Lapang (Topik) serta pentingnya untuk di lakukan Praktek Kerja Lapang terhadap
topik tersebut.
b. Tujuan Dan Manfaat Praktek Kerja Lapang
1) Tujuan, menggambarkan sasaran yang ingin dicapai dalam Praktek Kerja
Lapang
2) Manfaat, menggambarkan manfaat yang akan diperoleh setelah Pelaksanaan
Praktek Kerja Lapang dari sisi mahasiswa dan instansi tempat Praktek Kerja
Lapang
6.
BAB. II. Landasan Teori
Pada bagian ini harus memuat teori – teori yang mendukung dan
berkaitan dengan materi atau topik dari Praktek Keraja Lapang. Dasar teori
dapat diambil dari Buku Teks, Jurnal penelitian, Terbitan resmi dari
lembaga-lembaga resmi (Pemerintah dan Swasta).
7.
BAB. III. Gambaran Umum Objek PKL
Pada bagaian ini penulis harus menjelaskan secara menyeluruh tentang
instansi / objek tempat Praktek Kerja Lapang, dan keadaan instansi / tempat
Praktek Kerja Lapang yang berkaitan dengan topik Praktek Kerja Lapang.
8.
BAB. IV. Hasil Dan Pembahasan
Pada bagian ini harus memuat :
a. Hasil Praktek Kerja Lapang
Menggambarkan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan, dan hal-hal
yang diamati selama melaksanakan Praktek Kerja Lapang.
b. Pembahasan
Mengkaji dan membandingkan antara aktivtas dan hal – hal yang
diterapkan oleh instansi / tempat Praktek Kerja Lapang dengan teori – teori
yang dikemukakan pada Bab. II. atau landasan Teori.
9.
BAB. V. Kesimpulan Dan Saran
Pada baian ini harus memuat :
a. Kesimpulan
Penyampaian pokok – pokok hasil Praktek Kerja Lapang berdasarkan
hasil pembahasan
b. Saran
Penyampaian masukan – masukan yang bermanfaat bagi institusi atau
objek tempat Praktek Kerja Lapang
10. Daftar Pustaka
Pada bagian ini memuat seluruh bahan pustaka yang digunakan dalam
pembahasan hasil Praktek Kerja Lapang yang dilaksanakan.
11. Lampiran
Memuat hal – hal yang dianggap penting untuk dilampirkan, dapatdalam
bentuk Grarfik, gambar, Foto, dan lain-lain.
I.
TATA CARA PENULISAN
1.
Pengetikan
a. Kertas
Laporan diketik diatas kertas HVS 70 gram ukuran A4. Cover laporan
menggunakan kertas Bufalo warna abu – abu muda.
b. Huruf
Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman ukuran 12 diketik
dengan menggunakan komputer. Penggunaan huruf ditentukan sebagai berikut :
1) Normal, digunakan untuk teks induk, abstrak, nama tabel, nama
gambar, dan lampiran.
2) Tebal, digunakan untuk judul bab, judul subbab, dan bagian lain yang
dianggap penting.
3) Miring, digunakan untuk kata-kata asing atau kata kata yang belum
lazim penggunaannya dalam struktur bahasa Indonesia.
c. Batas ketikan
Batas Ketikan pada halaman adalah : Tepi kiri dan atas berjarak 4
cm, dan tepi kanan dan bawah berjarak 3 cm. dari tepi kertas
d. Spasi
Jarak antar baris dalam teks adalah 2 (dua) spasi, kecuali
keterangan gambar, tabel,dan daftara pustaka menggunakan 1 (satu) spasi
e. Pemotongan Kata
Pemotongan kata atau memutus kata harus memperhatikan kata dasar,
awalan dan akhiran kata.
f.
Pembuatan alinea baru
Baris kalimat dalam alinea baru dimulai dari 7 (tujuh) ketukan.
2.
Penyebutan Gelar
Dalam laporan, gelar tidak perlu ditulis, kecuali pada kata
pengantar, ucapan terimakasih dan lembar
pengesahan baik pembimbing maupun penguji, dan pejabat yang lain.
3.
Sebutan Pribadi
Dalam keadaan terpaksa, penyebutan diri cukup ditulis dengan bata
“penulis” atau “penyusun”.
4.
Penggunan Bahasa
a. Menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
b. Jangan menggunakan bahasa yang menimbulkan interprestasi berbeda
anata penulis dan pembaca
c. Sedapat mungkun menggunakan bahasa baku tanpa mengurangi ketepan
makna.
5.
Penyusunan Daftar Pustaka
a. Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan abjad.
b. Penulisan daftar pustaka berturut – turut meliputi
1) Nama penulis tanpa mencantumkan gelar.
2) Tahun penerbitan
3) Judul buku (ditulis miring)
4) Nama Penerbit
5) Kota penerbit
Contoh :
Gujarati, Damodar. 1995. Ekonometrika Dasar. Terjemahan
Sumarno Zain, Penerbit Erlangga,
jakarta.
6.
Penomoran Halaman
a. Pemberian nomor halaman pada halaman pengesahan, daftar isi, daftar
tabel, daftar gambar, daftara lampiran menggunakan huruf romawi kecil (misal :
i, ii, iii, iv dan seterusnya) ditulis dibagian bawah tengah.
b. Pemberian nomor halama pada bagian isi, dengan menggunakan angka
arab (1, 2, 3, 4 dan seterusnya) ditulis dibagian kanan atas, kecuali pada awal
bab ditulis pada bagian bawah tengah.
7.
Penyajian Tabel
Tabel harus diberi identitas berupa nomor tabel dan nama tabel, yang
ditempatkan pada bagian atas sebelah kiri tabel, sejajar dengan batas kiri atas
tabel. Nomor tabel menggunakan angka arab yang menunjukkan tempat tabel pada
bab dan nonor tabel, dan nama tabel ditulis setelah nomor tabel. Jika nama
tabel lebih dari 2 (dua) baris maka baris berikutnya sejajar dengan huruf awal
judul, dan diketik dengan jarak 1(satu)spasi.
8.
Penyajian Gambar
a. Penulisan nomor didahului dengan kata “ Grafik” atau “Gambar” yang
selanjutnya di ikuti dengan nomor, dan nama Grafik atau gambar
b. Nomor Grafik atau gambar ditulis dengan angka arab.
c. Nomor, judul grafik atau gambar ditulis dibagian bawah grafik atau
gambar, dan cara penulisannya sama dengan cara penulisan judul tabel.
Lampiran 1.
Contoh halaman judul
SISTIM PENERIMAAN DAN PENGGAJIAN PEGAWAI
DI PT. VETERAN SURABAYA
PRAKTEK KERJA LAPANG
Oleh :
Budi
Pekerti Luhur
NPM. 0910000000
PROGRAM STUDI EKONOMI MANAJEMEN
AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN
NASIONAL”VETERAN”
JAWA TIMUR
2011
Lampiran 2 :
Contoh Halaman Persetujuan
SISTIM PENERIMAAN DAN PENGGAJIAN PEGAWAI
DI PT. VETERAN SURABAYA
Nama
Mahasiswa : Budi Pekerti Luhur
NPM : 0910000000
Program
Studi : Ekonomi Manajemen Akuntansi
Fakultas : Ekonomi
Telah disetujui untuk
mengikuti ujian Praktek Kerja Lapang
PIMPINAN
PERUSAHAAN PEMBIMBING
DR. AMAL ICHLAS, MS. DR. CHOIRUNNAS,
MS.
NIP.
196505051990011001
Mengetahui,
KETUA PROGRAM
STUDI
DR.
ACHLAKUL KARIMAH, MS
NIP. 196012121986011001
Lampiran 3. Contoh Halaman Pengesahan
SISTIM PENERIMAAN DAN PENGGAJIAN PEGAWAI
DI PT. VETERAN SURABAYA
Nama Mahasiswa : Budi Pekerti Luhur
NPM : 0910000000
Program Studi : Ekonomi Manajemen Akuntansi
Fakultas : Ekonomi
Telah diuji dan dieminarkan pada tanggal
31 Desember 2011
PEMBIMBING
TIM PENGUJI
DR.
CHOIRUNNAS, MS. DR. AMAL SHOLEH,
MS
NIP. 196505051990011001 NIP. 19700505199021002
DR. INSAN KAMIL, M.SC
NIP. 197007071977031001
Mengetahui,
KETUA PROGRAM
STUDI
DR.
ACHLAKUL KARIMAH, MS
NIP.
196012121986011001
Makasih banyaakk informasinya membantuu
BalasHapus